Panduan cara membuat pupuk organik cair sendiri dari bahan limbah alami untuk kompos tanaman buah yang menyehatkan batang daun dan akar.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Buah Busuk

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Buah Busuk ,Apabila Anda mempunyai kebun dirumah, sempatkah Anda mencermati kalau tanaman yang di dekat tempat sampah tambah lebih subur dari pada yang lain? Terlebih apabila tempat sampah itu bersisi beberapa bekas makanan. Tak tahu itu nasi yang tidak termakan atau buah busuk. Nah di bawah ini langkah menyulap buah busuk jadi pupuk organik.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Buah Busuk
Buah Busuk Untuk Pupuk Organik

Dengan berita beberapa bahan kimia yang beresiko untuk kesehatan, beberapa orang berpindah dari pupuk kimia ke organik. Pastinya diinginkan terkecuali harga nya tambah lebih menyehatkan. Lantaran namanya saja telah organik, pastinya bahan-bahannya datang dari limbah makanan. Tetapi dalam soal ini memakai buah-buah busuk. Untuk beberapa pedagang buah bakal bersorak suka dengan info ini.

Beberapa bahan yang disediakan Untuk Membuat Pupuk Organik  Cair:


  1. Sampah organik basah hijauan, seperti buah tomat, pepaya busuk, dan buah-buahan yang lain pastinya buah-buahan itu yaitu hasil panen yg tak di beli oleh distributor atau afkir. untuk step awal banyak buah itu sekitaran 1/2 karung beras saja dahulu, selalu sampah di rajang.
  2. Cairan molase atau gula putih dapat pula kita memakai gula merah seandainya gula putih tak ada sejumlah 1/2 kg.
  3. Pakai air cucian beras tajin yang kerap di buang asal-asalan oleh ibu-ibu rumahtangga, sejumlah 1 liter (upayakan dari cucian pertama).
  4. Santan buah kelapa yang telah betul-betul tua lantas kita ambillah airnya sejumlah 1 liter.
  5. Siapkan air bersih sekitaran 7 liter (diupayakan janganlah gunakan air Pam yang memiliki kandungan kaporit.


Langkah Membuat Pupuk Organik Cair Dari Buah Busuk


Masukan semuanya Bahan sampah hijauan atau buah buahan kedalam karung serta tekan hingga padat lantas kita ikat. (upayakan betul-betul padat)
Masukan larutan gula, santan, serta air dalam ember besar memiliki ukuran sekitaran 20 liter. (apabila kita memakai gula merah mesti kita cairkan terlebih dulu.
Masukan karung diisi buah busuk kedalam ember itu. Pakai pemberat supaya tak mengambang.
Upayakan tutup wadah tadi betul-betul rapat agar hawa tak masuk dan penyimpanan wadah itu mesti di tempat teduh yg tidak tersinari oleh matahari.
Saat yang diperlukan untuk step permentasi ini yakni sekitaran 7-10 hari apabila sesudah saat itu kita lihat ada bercak putih pada permukaan air, bermakna fermentasi kita betul-betul sukses serta pupuk itu siap kita angkat. Sampah yang di dalam karung tadi kita dapat pakai sebagai kompos serta airnya yaitu sebagai pupuk organik cair.

Gampang bukanlah untuk membuatnya? Dari pada buah busuk yang terbuang percuma. Tambah baik digunakan sebagai pupuk organik yang begitu berguna. Langkah memakai pupuk organik ini dapat segera menyiramkannya segera ke tanaman.

3 komentar:

  1. Buat teman-teman yang kebetulan butuh pupuk organik bisa kunjungi Pupuk Organik Nasa. Kalian juga bisa loh jadi distributor pupuk organik.
    Terimakasih!

    BalasHapus
  2. apa mungkin ini menjadi solusi terbaik???

    BalasHapus
  3. tutup rapat...? meledak kah..??

    BalasHapus